Kumpulan Gambar Dan Informasi Tentang Alat Musik Lengkap

Senin, 21 Desember 2020

Gambar Alat Musik Lampung

Gambus lunik atau yang biasa disebut gambung lampung adalah alat musik tradisional yang dimainkan sebagai media komunikasi di masyarakat lampung pada umumnya terutama pada anak muda mudi. Alat musik serdam serdam adalah alat musik tiup tradisional lampung yang dibuat dari bambu persis seperti seruling.

Pin Di Budaya

Dengan kata lain gamolan pekhing cetik merupakan alat musik tradisional lampung yang benar benar berasal dari lampung.

Gambar alat musik lampung. Alat musik tradisional satu ini adalah alat musik hasil perpaduan antara budaya masyarakat dan budaya arab yang dibawah oleh pedagang pedagang bangsa arab ke nusantara. Provinsi lampung menyimpan aneka ragam kekayaan alam maupun budaya. Untuk urusan musik di provinsi lampung yang memiliki kekayaan kain tapis ini telah berkembang jenis.

Jenis suara yang dikeluarkan yakni ideofon agar alat ini berfungsi dan mengeluarkan nada bagus cukup dengan cara memukulnya dengan alat pemukul khusus. Alat musik serdam serdam yaitu alat musik tiup tradisional lampung yang dibentuk dari bambu persis menyerupai seruling. Alat musik lampung tidak jauh beda dengan alat musik yang lainnya biasanya di gunakan jika ada acara adat atau menyanbut tamu.

Dalam tradisi masyarakat lampung juga berkembang berbagai jenis tetabuhan atau bunyi bunyian seperti banekh medang khulang kakupak kakiting kakenong kalintung balintung sekhunai dan ginggung ada juga alat musik tiup seperti serdam seruling berkembang juga alat musik pukul seperti kerenceng terbangan sekhdap bekhudah talo balak dan cetik kulintang pekhing. Syair yang digunakan dalam alat musik ini adalah bahasa melayu yang dilengkapi dengan instrumennya. Saat bende ini dibunyikan biasanya warga akan berkumpul atau disuruh berkumpul di suatu tempat yang biasanya adalah balai desa setempat.

Agar biar dapat lebih di pahamin marilah kita simak tentang jenis jenis alat musik lampung di bawah ini. Gambus merupakan salah satu alat musik di lampung yang termasuk alat musik tradisional dan jika alat ini digunakan biasanya dikaitkan dengan ajaran agama islam. Lampung sendiri memiliki jenis musik yang beraneka ragam baik yang klasik hingga yang modren.

Berikut ini adalah gambar dari gamolan pekhing tersebut dan beberapa alat musik khas lampung lainnya. Dengan kata lain gamolan pekhing cetik merupakan alat musik tradisional lampung yang benar benar berasal dari lampung. 5 agustus 2016 oleh satu jam.

Alat musik ini terbuat dari bahan utama kayu berjenis kayu nangka kulit hewan dan dawai senar. Alat musik ini menghasilkan nada pentatonis saat dituip. Selain itu gambung lunik juga berfungsi sebagai media dakwah islam gawi adat upacara ritual hingga media hiburan.

Selain rumah adat tarian dan juga ada istiadat lainnya provinsi lampung yang memiliki moto sang bumi ruwai jurai ini juga memiliki alat musik tradisional provinsi lampung yang harus kita ketahui dan sekaligus dilestarikan. Berikut ini yaitu gambar dari gamolan pekhing tersebut dan beberapa alat musik khas lampung lainnya. Gambar alat musik tradisional lampung bende.

Bende adalah alat musik tradisional khas lampung yang dahulu berfungsi seperti kentongan yaitu untuk memberi tanda atau peringatan ketika hendak memberikan informasi kepada masyarakat. Gambus lunik merupakan alat musik yang termasuk kedalam golongan kordofon atau dipetik. 44 gambar alat musik tradisional indonesia serta daerah asal.

Alat musik tradisional dengan nama bende ini berasal dari daerah lampung.

Alat Musik Tradisional Lampung Musik Tradisional Musik Alat

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Pin Di Budaya

Alat Musik Tradisional Sampe Musik Tradisional Musik Alat

Pin Oleh Aldrich Lammaiza Di Anime Musik Tradisional Musik

Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Utara Dtechnoindo Musik Tradisional Musik Alat

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

61 Alat Musik Tradisional Indonesia Daerah Asalnya Cara Memainkan Musik Tradisional Musik Instrumen Musik

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Alat Musik Tradisional Lampung Musik Tradisional Musik Jenis

Alat Musik Tradisional Saluang Musik Tradisional Musik Alat


0 komentar:

Posting Komentar