Kumpulan Gambar Dan Informasi Tentang Alat Musik Lengkap

Kamis, 24 Desember 2020

Cara Memainkan Alat Musik Arumba

Arumba merupakan kumpulan perangkat alat musik yang berasal dari jawa barat yang biasanya terbuat dari bambu. Alat musik aramba dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat berbentuk panjang yang terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa.

Budaya Di Jakarta Ondel Ondel Budaya Pesta Boneka

Alat musik tradisional jenis ini berupa seperti gong kecil yang digunakan sebagai salah satu komponen gamelan jawa ataupun sunda.

Cara memainkan alat musik arumba. Alat musik arumba merupakan pengembangan dari musik angklung yang sudah sejak lama ada di jawa barat. Aramba biasanya digantung dengan menggunakan tali. Cara memainkan alat musik arumba.

Mereka memakai alat musik lama angklung calung dan juga berinovasi membuat alat musik baru gambang bass lodong. Arumba merupakan alat musik yang memiliki nama lain yaitu angklung pa daeng. Namun kini rebab telah banyak dibuat dari bahan kayu.

Cara memainkannya dengan cara digoyangkan sehingga akan menyebabkan benturan yang membuat bunyi. Bagian tengah yang menonjol itulah yang biasa dipukul namun bagian sisi sisinya juga bisa dengan menghasilkan suara yang berbeda. Arumba ini lebih sering dimainkan secara solo atau sendirian cara memainkannya yaitu dengan menggantungkan anklung anklung tersebut pada sebuah tiang gantung yang biasanya ada 2 tinggak.

Bagian tengah menonjol pada aramba yang biasanya dipukul. Sejarah alat musik tradisional aramba suku nias. Ningnong sendiri dipergunakan sebagai alat musik pengatur irama.

Mereka memakai alat musik lama angklung calung dan juga berinovasi membuat alat musik baru gambang bass lodong. Kala itu alat musik tradisional ini memasuki daratan sunda melalui para pedagang timur tengah yang mengunjungi indonesia. Tidak hanya itu apabila bagian sisi sisinya dipukul alat musik ini juga bisa menghasilkan suara yang berbeda.

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan suatu alat yang terbuat dari kayu dan dibentuk sedemikian rupa. Cara menggunakan aramba adalah dengan dipukul dengan menggunakan pemukul seperti stik. Kemudian sekitar tahun 1968 muhamad burhan di cirebon membentuk grup musik yang bertekad untuk sepenuhnya memainkan alat musik bambu.

Untuk cara memainkan ningnong adalah dengan cara dipukul dengan menggunakan tongkat besi yang berukuran kecil. Berikut tipe perangkat alat musik arumba. Aramba berasal dari pulau nias sumatera utara yang mempunyai jenis bunyi ideofon yaitu bunyi yang berasal dari bahan dasarnya.

Cara memainkan alat musik arumba illustrasi cara memainkan alat musik arumba. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan digoyangkan menggunakan tangan kosong pemainnya biasanya mengenakan pakaian adat tradisional. Aramba adalah salah satu alat musik yang terbuat dari tembaga kuningan suasa.

Kemudian sekitar tahun 1968 muhamad burhan di cirebon membentuk grup musik yang bertekad untuk sepenuhnya memainkan alat musik bambu. Ensemble ini kemudian mereka beri nama arumba alunan rumpun bambu. Awalnya alat musik ini terbuat dari tembaga dengan dua hingga tiga dawai.

Cara memainkan alat musik tradisional jawa barat ini adalah dengan cara digesek layaknya.


0 komentar:

Posting Komentar