Kumpulan Gambar Dan Informasi Tentang Alat Musik Lengkap

Kamis, 24 Desember 2020

Alat Musik Rebab

Alat musik rebab merupakan salah satu alat musik yang hampir semua orang sudah tak asing lagi dengan penyebutan nya. Rebab arab الربابة atau ربابة busur instrumen juga rebap rabab rebeb rababah atau al rababa adalah jenis alat musik senar yang dinamakan demikian paling lambat dari abad ke 8 dan menyebar melalui jalur jalur perdagangan islam yang lebih banyak dari afrika utara timur tengah bagian dari eropa dan timur jauh.

Ebook Alat Musik Tradisional Indonesia Dream Indonesia Indonesia Alat Musik

Orang arab menyebut rebab sebagai rabab yang kemudian disempurnakan menjadi alat gesek.

Alat musik rebab. Namun kini rebab telah banyak dibuat dari bahan kayu. Menjadi bagian dari ciri khas budaya indonesia rebab memperkaya koleksi alat musik tradisional indonesia masyarakat jawa umumnya kenal dengan rebab karena dalam acara adat daerah selalu melihatnya. Awalnya alat musik ini terbuat dari tembaga dengan dua hingga tiga dawai.

Bokongan adalah bagian di bagian bawah watangan yang berfungsi sebagai kotak resonansi. Alat musik ini berdawai 2. Kala itu alat musik tradisional ini memasuki daratan sunda melalui para pedagang timur tengah yang mengunjungi indonesia.

Rebab termasuk kedalam kategori alat musik gesek. Alat musik rebab yaitu alat musik yang cukup terkenal di indonesia hampir seluruh daerah mengadopsi alat musik ini sebagai instrumen dalam pagelaran seni budaya daerah itu masing masing. Rebab berasal dari dataran arab yang berarti busur dalam artian instrumen musik yang juga sering disebut rebap rabab rebeb rababah.

Seperti pada jenis jenis gamelan yang tersebar di jawa barat jawa timur jawa tengah bali dan daerah lainya. Alat musik rebab disinggung oleh al farabi 870 950 m di dalam bukunya kitab al musiqi al kabir. Alat musik rebab terbuat dari kayu nangka dan berongga di bagian dalam kemudian ditutup dengan kulit lembu yang dikeringkan sebagai pengeras suara biasanya rebab berukuran kecil memiliki badan yang bulat bagian depan yang tercakup dalam suatu membran seperti perkamen atau kulit domba dan memiliki leher panjang.

Rebab sendiri memiliki pengertian jenis alat musik yang memiliki senar sehingga untuk memainkan nya dengan cara dipetik atau digesek. Busurnya biasanya lebih melengkung daripada biola. Bentuk dasar rebab memiliki bagian utama yaitu watangan dan bokongan.

Alat musik rebab diyakini telah ada sejak abad ke 9 masehi. Selain disebut sebagai rebab alat musik ini juga sering disebut sebagai rebabah rebeb rebabah dan al rababa. Alat musik rebab adalah jenis alat musik yang di gesek dan terkenal dari dahulu sampai sekarang.

Di ujungnya terdapat 2 telinga kayu sebagai tempat kaitan ujung dawai. Watangan adalah bagian leher yang berfungsi sebagai pegangan. Rebab meskipun dihargai karena nada suara tetapi memiliki rentang yang sangat terbatas sedikit lebih dari satu oktaf dan secara bertahap diganti di banyak dunia arab oleh biola dan kemenche.

Alat musik ini dibuat tegak baik bertumpu di pangkuan atau di lantai. Rebab harus mendapat perhatian dari banyak warga indonesia.

Alat Musik Tradisional Yang Dipetik Musik Musik Tradisional Alat

Rebab Lengek Alat Musik Tradisional Jawa Musik Musik Tradisional Alat

Rebab Malaysia Traditional Music Instrument Used In Kelantan And Terengganu The Intern Traditional Music Rainforest World Music Festival Musical Instruments

Pin On Instruments

Alat Musik Tradisional Rebab Alat Musik Rebab Melayu Dan Jawa Tengah Jawa Barat Arab Gif 768 1024 Musik Tradisional Musik Alat

Serinserina Adli Kullanicinin Muzik Aletleri Panosundaki Pin Muzik

Alat Musik Harmonis Alat Seni Tradisional Musik

Rebab Sundanese Instrument West Java Indonesia West Java Indonesia Instruments

Ficheiro Turkey Konya027 Jpg Wikipedia A Enciclopedia Livre Instrumen Musik Alat

15 Alat Musik Gamelan Jawa Lengkap Dengan Gambar Alat Gambar Musik


0 komentar:

Posting Komentar