Kumpulan Gambar Dan Informasi Tentang Alat Musik Lengkap

Rabu, 09 Desember 2020

Alat Musik Panting Mirip Dengan Alat Musik

Hanya saja ukuran alat ini lebih kecil bisa dibilang kalau panting merupakan miniatur dari gitar. Secara umum bentuk alat musik panting ini mirip dengan gitar bedanya hanya lebih ramping dan kecil.

30 Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Terkenal Bukareview

Kebutuhan masyarakat terhadap musik panting merupakan sebuah tantangan bagi para seniman panting dalam hal ini meluasnya fungsi musik panting dalam kehidupan kemasyarakatan di kalimantan selatan.

Alat musik panting mirip dengan alat musik. Hanya saja ukuran dari alat musik panting ini lebih kecil. Kalimantan memang memiliki alat musik yang mempunyai karakteristik yang hampir sama yakni kebanyakan alat musik tradisionalnya dibunyikan dengan cara dipetik. Babun alat musik yang terbuat dari kayu berbentuk bulat ditengahnya terdapat lubang dan di sisi kanan dan kirinya dilapisi dengan kulit yang berasal dari kulit kambing babun dimainkan dengan cara dipukul.

Sebenarnya musik panting hampir mirip dengan musik gambus yang hanya menggunakan 2 senar sampai dengan 12 senar serta cara memainkannya pun sama seperti alat musik gambus yaitu di petik. Berikut adalah macam macam alat musik modern yang dirangkum dari berbagai sumber. Panting menggunakan senar berbahan nilon.

Alat musik utama dalam musik panting adalah alat musik petik yang disebut panting. Bentuk dari panting ini sekilas mirip dengan alat musik petik khas daerah arab yaitu gambus arab. Panting sendiri tidak kalah merdu dengan alat musik petik yang lain.

Panting juga bisa merujuk pada seni pertunjukan di mana alat musik ini sebagai ensemble utamanya. Gong biasanya terbuat dari aluminium berbentuk bulat dan. Panting adalah alat musik tradisional sejenis gambus yang berasal dari kabupaten tapin kalimantan selatan.

Panting dimainkan bersama dengan suling biola kendang kempul gong marawis ketipung dan tamborin musik panting termasuk dalam musik jenis kordofon dengan tangga nada diatonik. Melainkan tentang sebuah alat musik yang sepintas mirip dengan gambus yang diberi nama alat musik panting. Yaitu membunyikan senar dengan teknik sentilan.

Pada awalnya senar panting hanya berjumlah tiga yaitu tali i disebut pangalik fungsinya adalah penyisip. Dalam memainkannya panting juga sama persis dengan gitar dan gambus arab yaitu dengan cara dipetik. Daerah kalimantan selatan memiliki alat musik yang sejenis dengan kecapi yaitu panting.

Musik panting selalu dimainkan pada saat tari japin. Sekilas alat musik pating ini mirip dengan alat musik gitar sebab bunyi yang dihasilkan berasal dari petikan senar. Fungsi alat musik tradisional panting.

Panting alat musik yang berbentuk seperti gabus arab tetapi lebih kecil dan memiliki senar panting dimainkan dengan cara dipetik. Dalam hal ini panting berarti petik. Panting merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik mirip dengan gitar.

Panting merupakan alat musik asli indonesia asal dari daerah suku banjar di kalimantan selatan. Panting ini biasanya hanya dimainkan oleh masyarakat suku banjar. Musik panting adalah kesenian musik asli dari suku banjar di kalimantan selatan.

Selain itu pada panting tidak terdapat fret fret untuk pengatur kunci nada seperti pada gitar.

Wadaya Warisan Budaya

Panting Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Alat Musik Tradisional Dari Pulau Kalimantan Dtechnoindo Musik Tradisional Musik Alat

Alat Musik Tradisional Provinsi Kalimantan Utara Dtechnoindo Musik Tradisional Musik Indonesia

Alat Musik Tradisional Provinsi Kalimantan Selatan Dtechnoindo Musik Tradisional Alat Musik

Alat Musik Tradisional Dari Daerah Kalimantan Utara

10 Alat Musik Tradisional Khas Kalimantan Selatan Dan Keterangan

30 Gambar Alat Musik Daerah Tradisional Indonesia Radenwinata Com

Mengenal Sape Alat Musik Khas Dayak Yang Dimainkan Atiqah Hasiolan Lifestyle Liputan6 Com

Mengenal 12 Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan Yang Langka

Gambus Alat Musik Trasdisional Melayu Asal Riau


0 komentar:

Posting Komentar