Kumpulan Gambar Dan Informasi Tentang Alat Musik Lengkap

Jumat, 25 Desember 2020

Alat Musik Lampung

Gendang melayu lampung sumber foto. Alat musik tradisional ini memang sangat umum di indonesia terutama di pulau jawa.

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Bende gambar alat musik tradisional lampung bende.

Alat musik lampung. Untuk urusan musik di provinsi lampung yang memiliki kekayaan kain tapis ini telah berkembang jenis. Alat musik gamolan hampir sama dengan alat musik gamelan dari wilayah jawa tetapi ada perbedaan yang signifikan. Alat musik ini mirip alat musik gamelan dari daerah jawa tetapi ada perbedaan yang cukup signifikan.

Apakah ada sudah melestarikan kesenian dan kebudayaan yang ada di sekitar. Bende adalah alat musik tradisional khas lampung yang dahulu berfungsi seperti kentongan yaitu untuk memberi tanda atau peringatan ketika hendak memberikan informasi kepada masyarakat. Saat bende ini dibunyikan biasanya warga akan berkumpul atau disuruh berkumpul di suatu tempat yang biasanya adalah balai desa setempat.

Alat musik yang terbuat dari bambu itu diperkirakan sudah dimainkan masyarakat lampung kuno sejak abad ke 4 masehi. Namun kita juga bisa menemukan gendang ini di daerah lampung yang menjadi alat musik tradisional setempat dari dulu. Kompang merupakan alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan.

Keberagaman itulah yang membuat setiap wilayah juga memiliki kesenian dan kekhasan tersendiri yang pastinya berbeda. Alat musik lampung indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau yang luas dan juga terkenal dengan suku dan budaya yang beragam. Selain rumah adat tarian dan juga ada istiadat lainnya provinsi lampung yang memiliki moto sang bumi ruwai jurai ini juga memiliki alat musik tradisional provinsi lampung yang harus kita ketahui dan sekaligus dilestarikan.

Alat musik kompang kompang adalah alat musik tradisional lampung yang bentuknya persis sama dengan rebana yang dikenal dalam kebudayaan masyarakat melayu di tanah air baca. Alat musik tradisional palembang. Gamolan oleh lampung terdiri dari susunan bambu yang diikat dengan tali dengan desain khusus.

Alat musik ini ialah salah satu alat musik yang sangat khas dari lampung. Gamolan terbuat dari susunan bambu yang diikat dengan tali senar dengan rancangan khusus. Alat musik tradsional lampung adalah alat musik yang pada umumnya digunakan untuk acara acara adat resmi seperti menyambut tamu istimewa.

Alat musik tradisional dari lampung yang satu ini juga bisa kita jumpai di sumatera selatan. Alat musik ini khas dari lampung. Kompang lampung dibuat dari kayu.

Provinsi lampung menyimpan aneka ragam kekayaan alam maupun budaya. Namun tidak terbatas pada itu saja alat musik ini digunakan juga sebagai sarana hiburan masyarakat dan pendamping kesenian tari tradisional di provinsi lampung. Alat musik lampung ini terbuat dari kayu lemasa atau kayu pohon nangka karena masyarakat lampung percaya bahwa dengan kayu tersebut suara yang dihasilkan jauh lebih berkualitas.

Meskipun demikian hingga awal abad 21 banyak masyarakat lampung tidak mengetahui hal tersebut. Memiliki 4 buah tali atau dawai pada awalnya dawai tersebut memakai serat nanas namun seiring perkembangan jaman gambus lunik ini berkembang dari yang memakai benang.

Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Utara Dtechnoindo Musik Tradisional Musik Alat

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Pin Di Budaya

Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Utara Dtechnoindo Musik Tradisional Musik Alat

Pin Di Budaya

Alat Musik Tradisional Saluang Musik Tradisional Musik Alat

Alat Musik Tradisional Lampung Musik Tradisional Musik Jenis

Pin Oleh Aldrich Lammaiza Di Anime Musik Tradisional Musik

Alat Musik Tradisional Lampung Musik Tradisional Musik Alat

Alat Musik Tradisional Sampe Musik Tradisional Musik Alat

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia


0 komentar:

Posting Komentar