Kumpulan Gambar Dan Informasi Tentang Alat Musik Lengkap

Sabtu, 26 Desember 2020

Alat Musik Dari Sumatera Barat

Namun ada juga sebagian alat musik yang merupakan serapan dari kebudayaan lain dari luar suku di provinsi sumatera barat. Talempong di jawa disebut dengan nama bonang.

Cucuran Air Mata Rindu Perantau Minang Konon Sering Disebabkan Oleh Alunan Siul Saluang Alat Musik Tiup Bambu Yang Merangk Minangkabau Musik Musik Tradisional

Cara memainkanya yaitu dengan ditiup.

Alat musik dari sumatera barat. Talempong berasal dari sumatera barat alat ini dimainkan dengan dipukul menggunakan kayu. Di bagian atasnya diserut meruncing sekitar 45 derajat menyesuaikan ketebalan bambu ukur 2 3 dari panjang bambu sebagai tempat untuk membuat lubang di alat musik tradisional sumatera barat jumlah lubang tersebut sebanyak 4 buah diukur dari atasnya dan seterusnya sampai lubang terakhir yang mempunyai jarak setengah lingkaran bambu. Biasanya ia dimainkan bersama alat musik tradisional sumatera barat lainnya dakan satu pertunjukan acara adat.

Keunikan dari saluang ini adalah bahwa peniup saluang akan dapat memainkan saluang tanpa henti dari awal sampai akhir lagu. Kateuba disebut juga dengan nama g ajeuma alat musik pukul yang satu ini biasa dipakai ketika perayaan adat upacara budaya ritual keagamaan dan lainnya. Alat musik tradisional minangkabau daerah minangkabau atau yang lebih dikenal dengan sebutan suku minang ataupun etnis minang atau urang minang adalah sebutan dari seorang seputar golongan yang bertempat dan memakai bahasa daerah tertentu yang secara geografis lokasi masuk dalam dataran sumatera barat.

Sebagaimana namanya wilayah ini menempati sepanjang pesisir barat sumatera bagian tengah serta sejumlah pulau dilepas pantainya seperti kepulauan mentawai. Mengenal alat musik tradisional sumatera barat sumatera barat sumbar merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terletak di pulau sumatera dengan padang sebagai ibu kotanya. Alat musik tradisional sumatera barat merupakan alat musik asli yang diturunkan dari nenek moyang dari generasi ke generasi.

Bentuk talempong mirip dengan alat musik bonang dari jawa tengah. Bahan pembuatannya adalah dari besi atau kuningan. Alat ini terbuat dari kayu kulit binatang hingga rotan.

Alat musik tradisional sumatera barat berikutnya bernama kateuba berasal dari kepulauan mentawai. Alat musik talempong yang pertama adalah talempong. Saluang adalah alat musik tradisional dari sumatera barat yang terbuat dari bambu talang saluang memiliki diameter sekitar 3 4 cm panjangnya 40 60 cm dan hanya memiliki 4 lubang.

Alat musik ini tersusun atas beberapa gong kecil dengan ukuran beragam yang menghasilkan nada nada melodis saat dipukul. Bentuk alat musik saluang. Alat musik tradisional saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Berikut ini penjelasannya lengkap mulai dari nama gambar dan cara memainkannya. Pupuik batang padi berasal dari sumatera barat bentuknya terbuat dari ruas batang padi yang sudang tua dan berbuku. Alat musik tradisional sumatera barat di artikel ini kami akan membahas 9 alat musik tradisional sumatera barat yang hingga kini dapat kita temukan dalam budaya suku minang.

Alat Musik Tradisional Sampe Musik Tradisional Musik Alat

Rebab Lengek Alat Musik Tradisional Jawa Musik Musik Tradisional Alat

Pin Di Budaya

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Cara Main Alat Musik Tradisional Serangko Dan Sejarah Budaya Masyarakat Jambi Memang Memiliki Kaitan Erat Dengan Budaya Mela Seni Musik Musik Tradisional Musik

Alat Musik Tradisional Saluang Musik Tradisional Musik Alat

Selain Alat Musik Tradisional Sumatera Barat Juga Memiliki Beberapa Senjata Tradisional Yang Berkembang Dimasyarakat Suma Di 2020 Senjata Zaman Batu Musik Tradisional

Ciri Khas Alat Musik Tradisional Talempong Dan Cara Bermainnya Talempong Berasal Dari Sumatera Barat Yang Cara Memainkannya Dengan Musik Musik Tradisional Alat

Alat Musik Tradisional Saluang Dan Asal Usul Saluang Berasal Dari Minangkabau Sumatera Barat Yang Mempunyai Jenis Bunyi Ae Musik Tradisional Jenis Minangkabau

15 Alat Musik Gamelan Jawa Lengkap Dengan Gambar Musik Tradisional Musik Alat

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia


0 komentar:

Posting Komentar