Kumpulan Gambar Dan Informasi Tentang Alat Musik Lengkap

Selasa, 15 Desember 2020

Alat Musik Dari Aceh

Hampir sama dengan alat musik lainnya kecapi olah juga dimainkan sebagai musik pengiring pada pertunjukan tarian tradisional aceh. Gambar alat musik tradisional aceh serune kalee.

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Alat musik ini juga biasanya dimainkan oleh para remaja wanita yang ketika berkumpul bersama atau ketika sedang senggang.

Alat musik dari aceh. Nah jika tidak tahu celempong adalah alat musik tradisional dari wilayah tamiang aceh. Musik factualnews co arbab merupakan alat musik tradisional yang berasal dari aceh dan dibuat dengan bahan dari alam. Alat musik arbab ini dibuat dari tempurung kelapa kulit kambing kayu dan dawai sementara busur penggeseknya terbuat dari kayu rotan atau serat tumbuhan.

Selain itu ada juga bagian penggesernya yang terbuat dari kayu rotan atau menggunakan serat tumbuhan. Menurut z h idris alat musik rapai ini berasal dari bahdad irak dan dibawa ke aceh oleh seorang penyiar agama islam bernama syeh rapi. Terdiri dari 2 bagian yaitu instrumen induk yang disebut arbab dan penggeseknya yang disebut dengan go arbab.

Masyrakat aceh mempercayai bahwa alat musik ini diciptakan oleh syekh ahmad bin rifa i yang merupakan seorang pendiri tarikat rifa iyyah. Kecapi olah merupakan alat musik tradisional dari daerah aceh yang banyak berkembang di daerah alas aceh. Terbuat dari bambu yang diberi lubang memanjang dengan menoreh memanjang tempat tali sebanyak 3 buah dan tidak boleh terputus terpisah dari bambunya.

Arbab merupakan alat musik tradisional aceh yang terbuat dari alam. Alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh ini berasal dari aceh. Teganing merupakan alat musik tradisional dari masyarakat gayo khususnya di kabupaten aceh tengah dan bener meriah.

Bahan untuk membuat alat musik ini adalah dari terumpung kelapa kulit kambing kayu dan juga dawai. Alat musik tradisional aceh yang ini mempunyai bentuk seperti terompet yang memang mempunyai ciri khusus dari aceh bentuk sama seperti klarinet yang memanjang ketika digunakan seringnya serune kalee diiringi oleh alat musik lain seperti geundrang rapai dan sejumlah instrumen tradisional lainnya. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.

Alat musik tradisional rapai merupakan alat musik yang dibunyikan dengan cara dipukul. Untuk keberadaan alat musik celempong ini diduga sudah ada sejak 100 tahun yang lalu di wilayah tamiang. Alat musik tabuh ini dimainkan dengan tangan kosong atau tidak menggunakan stik.

Dalam pertunjukannya alat musik rapai ini dimainkan oleh 8 sampai 12 orang pemain yang disebut awak rapai.

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Alat Musik Tradisonal Aceh Musik Tradisional Musik Alat

Alat Musik Tradisional Dari Pulau Kalimantan Dtechnoindo Musik Tradisional Musik Alat

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Alat Musik Tradisional Aceh Musik Musik Tradisional Video

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Alat Musik Tradisional Serune Kale Dan Sejarahnya Sarune Kale Berasal Dari Nanggroe Aceh Darussalam Yang Mempunyai Jen Pertunjukan Musik Kale Musik Tradisional

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia


0 komentar:

Posting Komentar