Kumpulan Gambar Dan Informasi Tentang Alat Musik Lengkap

Selasa, 24 November 2020

Alat Musik Gambang Kromong

Alat musik gambang kromong yaitu gambang kromong gendang gong suling kercek tehyan atau kongahyan dan sukong. Jual alat musik traditional rebana marawis gambang kromong.

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Orkes gambang kromong pertama kali dimainkan hanya menggunakan alat musik gesek sukong tehyan dan kongahyan.

Alat musik gambang kromong. Alat petik berdawai disebut sam hian. Gambang alat musik yang berasal dari kayu yang di jejerkan sebanyak 18 buah sedangkan kromong alat musik yang dibuat dari perunggu atau besi berjumlah 10 buah. Empat buah rebab cina yang berbeda beda ukurannya.

Dua buah alat jenis cengceng disebut ningnong. Sebutan gambang kromong diambil dari nama dua buah alat musik tabuh atau perkusi yaitu gambang dan kromong. Terciptanya gambang kromong berawal dari tiga alat gesek khas cina.

Yaitu tehyan kongahyan dan shukong. Su kong teh hian kong a hian bangsing seruling gong gendang kecrek pan dan ningnong sio lo. Sepasang pan yakni dua potong kayu yang saling dilagakan untuk memberi maat tempo.

Keduanya selalu disertai oleh instrumen atau alat musik lain sebagai pelengkap yaitu. Gambang kromong atau ditulis gambang keromong adalah sejenis orkes yang memadukan gamelan dengan alat alat musik tionghoa seperti sukong tehyan dan kongahyan sebutan gambang kromong diambil dari nama dua buah alat perkusi yaitu gambang dan kromong awal mula terbentuknya orkes gambang kromong tidak lepas dari seorang pemimpin komunitas tionghoa yang diangkat belanda kapitan cina bernama. Kromong juga merupakan alat musik yang di mainkan dengan cara di pukul dan setiap pencon juga memiliki nada yang berbeda.

1 gambang kromong biasanya ditampilkan pada acara acara seperti perayaan imlek perkawinan pesta rakyat dan acara tapekong tempat peribadatan cina. Gambang kromong kombinasi adalah orkes gambang kromong yang alat alatnya ditambah atau dikombinasikan dengan alat alat musik barat modern seperti gitar melodis bas gitar organ saksofon drum dan sebagainya yang mengakibatkan terjadinya perubahan dari laras pentatonik menjadi diatonik tanpa terasa mengganggu. Alat musik ini merupakan alat musik perpaduan antara gamelan musik barat dengan nada dasar pentasionis bercorak tionghoa.

Gambang kromong betawi adalah suatu musik orkes yang berasal dari betawi jakarta. Seiring berjalannya waktu dan adanya pengaruh dari budaya jawa dan sunda maka alat kesenian gambang kromong bertambah jumlahnya seperti kromong kenong dengan jumlah 10 buah yang terbuat dari plat besi atau perunggu kecrek serta gendang. Sebutan gambang kromong diambil dari nama dua buah alat perkusi yaitu gambang dan kromong.

Instrumen gambang kromong sesuai dengan namanya kesenian gambang kromong menggunakan dua buah alat musik utama berupa gambang dan seperangkat kromong. Alat alat musik dalam orkestra tersebut dianggap paling lengkap terdiri dari alat alat seperti berikut. Gambang kromong atau ditulis gambang keromong adalah sejenis orkes yang memadukan gamelan dengan alatalat musik tionghoa seperti sukong tehyan dan kongahyan.

Namun seiring berjalannya waktu masyarakat lokal mulai tertarik dengan kesenian tersebut sehingga mulai tersebar dan.

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Alat Musik Gambang Kromong Musik Tradisional Musik Gambar

Gambang Kromong Kayu Mengagumkan

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

43 Alat Musik Tradisional Pulau Jawa Dtechnoindo Musik Tradisional Musik Pulau

Alat Musik Tradisional Indonesia Terlengkap Musik Tradisional Musik Indonesia

Pin Di Instrumentos Del Mundo

Gambang Kromong Musik Souvenir Pernikahan Pernikahan

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia


0 komentar:

Posting Komentar