Kumpulan Gambar Dan Informasi Tentang Alat Musik Lengkap

Jumat, 23 Oktober 2020

Cara Memainkan Alat Musik Dari Sumatera Barat Talempong Adalah

Bentuk talempong mirip dengan alat musik bonang dari jawa tengah. Alat musik talempong adalah alat musik pukul tradisional khas suku minangkabau padang sumatera barat.

Alat Musik Tradisional Gamelan Alat Musik Daerah Gamelan Jawa Bali Musik Musik Tradisional Budaya

Namun saat ini talempong dari jenis kuningan lebih banyak digunakan.

Cara memainkan alat musik dari sumatera barat talempong adalah. Teknik memainkan talempong secara tradisional salah satu alat musik tradisional yang senantiasa hadir dalam setiap upacara adat minangkabau adalah talempong. Pengertian talempong alat musik tradisional asal masyarakat minangkabau. Dia tak lenyap ditelan zaman tetapi membuktikan bahwa dia digdaya melintasi perubahan zaman.

Talempong dapat terbuat dari kuningan namun ada pula yang terbuat dari kayu dan batu. Keberadaan talempong di bumi minangkabau tercatat sejak abad ke 14. Talempong duduak dimainkan sambil duduk dimana 5 9 talempong diletakkan di tempat penyangga khusus.

Dari alat musik di lingkungan istana atau kerajaan perlahan alat musik itu menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat minang. Bentuk alat musik saluang. Berikutnya ada tambua alat musik tradisional sumatera barat ini dipercaya berasal dari agam sumbar.

Di bagian atasnya diserut meruncing sekitar 45 derajat menyesuaikan ketebalan bambu ukur 2 3 dari panjang bambu sebagai tempat untuk membuat lubang di alat musik tradisional sumatera barat jumlah lubang tersebut sebanyak 4 buah diukur dari atasnya dan seterusnya sampai lubang terakhir yang mempunyai jarak setengah lingkaran bambu. Talempong berasal dari sumatera barat yang cara memainkannya dengan dipukul menggunakan kayu. Saat ini talempong kerap pula dikolaborasikan bersama alat musik modern untuk memberi sentuhan khas bermusik atau pun sebagai bentuk kreasi musik.

Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang dalam perangkat gamelan. Talempong merupakan seperangkat alat musik yang terbuat dari campuran tembaga timah putih dan besi putih. Dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan stik alat pukul berbahan kayu.

Ciri khas alat musik tradisional talempong dan cara bermainnya. Tambua mirip dengan gendang gong dengan diameter sekitar 45 cm dimainkan oleh beberapa orang dan biasanya juga diiringi dengan alat musik talempong pupuik tanduak sarunai dan juga pupuik batang padi. Ada dua cara memainkan talempong yaitu talempong duduak dan talempong pacik.

Gamelan Is One Of Traditional Music Indonesia Musik Alat

Talempong Indonesia Musik Tradisional

Alat Musik Tradisional Indonesia 34 Provinsi Dan Cara Memainkannya Https Ift Tt 2s7fdvw Musik Tradisional Musik Alat

Talempong Alat Musik Tradisional Khas Minangkabau Musik Musik Tradisional Indonesia

61 Alat Musik Tradisional Indonesia Daerah Asalnya Cara Memainkan Musik Musik Tradisional Indonesia

Alat Musik Tradisional Angklung Musik Tradisional Musik Alat

Angklung Adalah Alat Musik Tradisional Yang Berasal Dari Jawa Barat Musik Tradisional Musik

Tradisional 1 Gamelan Jawa 2017 Musik Alat

Ciri Khas Alat Musik Tradisional Talempong Dan Cara Bermainnya Talempong Berasal Dari Sumatera Barat Yang Cara Memainkannya Dengan Musik Musik Tradisional Alat

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia

Pin Di Alat Musik Tradisional Indonesia


0 komentar:

Posting Komentar