Kumpulan Gambar Dan Informasi Tentang Alat Musik Lengkap

Rabu, 28 Oktober 2020

Alat Musik Dari Bali Yang Biasa Digunakan Untuk Mengiringi Tari Joged Bumbung Adalah

Alat musik bali ini berasal dari barungan gamelan yang sering digunakan untuk mengiringi tari arja. Gamelan bumbang adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari bali yang terbuat dari bahan bambu.

Alat Musik Tradisional Bali Lengkap Beserta Gambarnya

Gamelan sendiri merupakan sekumpulan instrumen musik yang terdiri dari gambang gong gendang kempul bonang dan yang lainnya.

Alat musik dari bali yang biasa digunakan untuk mengiringi tari joged bumbung adalah. Beberapa waktu lalu sudah membahas alat alat musik tradisional asal jawa barat dan lagu daerah asal jawa barat. Instrumen ini berupa alat musik tiup serupa dengan terompet dan termasuk kategori alat musik kuno bali yang sudah eksis semenjak ratusan tahun lalu. Rindik terbuat dari kayu dan menggunakan laras slendo untuk memainkannya.

Alat musik tradisional bali selanjutnya disebut dengan ceng ceng. Alat musik tradisional nusantara ini kerap ditujukan saat upacara perkawinan dan acara pertunjukkan yang dikenal dengan nama joged bumbung. Alat musik rindik juga sering digunakan sebagai pengiring dalam tari joged bumbung yang merupakan sebuah kesenian yang banyak diminati oleh masyarakat bali.

Blog silontong hadir dan selalu menyajikan artikel alat musik tradisional dengan ulasan yang menarik. Kini kita menuju ke daerah bali untuk membahas topik alat musik masa lampau bali yang harus kita lestarikan. Tarian joged bumbung ini biasanya diiringi oleh sepuluh atau dua puluh orang yang memainkan gamelan dan termasuk para.

Meskipun secara letak geografis terpisah dari pulau jawa nuansa budaya alat musik di bali juga mengenal yang namanya gamelan. Dahulu di bali sendiri alat musik rindik biasa digunakan sebagai hiburan rakyat terutama bagi para petani sebagai salah satu alat musik yang mengiringi pertunjukan tari joged bumbung. Berikut ini adalah beberapa jenis alat musik bali yang perlu kamu ketahui.

Adapun bahan penyusunya adalah dari kayu yang diukir dan dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai struktur terompet. Namun kini penggunaan alat musik rindik kian bervariasi mulai dari mengiringi musik di pernikahan hingga festival budaya. Namun pada saat ini kebanyakan musik pengiring tarian arja menggunakan barungan gong kebyar.

Ceng ceng adalah musik yang berbentuk seperti 2 buah keping simbal yang terbuat dari logam yang dimainkan dengan carame madukan keping simbal tersebut. Alat musik tradisional bali berikutnya adalah bernama pereret bali. Gamelan bumbang mulai digunakan untuk mengiringi suatu seni tari dan diperkenalkan pada abad ke 20.

Alat musik tradisional bali yang satu ini dipakai untuk mengiringi gamelan maupun rindik. Meskipun begitu agar tetap bisa memberikan suasana khas yang ada pada tari arja tradisional. Gamelan bumbang adalah alat musik yang di masukan kedalam kategori gamelan anyar atau gamelan baru oleh masyarakat bali.

Dalam perkembangannya sekarang ini alat musik rindik dimainkan juga di hotel ataupun restaurant untuk menemani kegiatan para wisatawan yang sedang bersantai di tempat tersebut.

Alat Musik Tradisional Bali Daftar 8 Alat Musik Bali Untuk Anda Ketahui

10 Alat Musik Tradisional Bali Fungsi Dan Cara Memainkannya

Ini 5 Alat Musik Tradisional Bali Terkenal Itu Apakah Anda Sudah Tahu

Mengenal Rindik Alat Musik Tradisional Bali Matakota News

Rindik Alat Musik Tradisional Dari Bali Negeriku Indonesia

Mengulas 13 Alat Musik Tradisional Bali Yang Eksotis

5 Alat Musik Tradisional Bali Nama Gambar Dan Penjelasannya Adat Tradisional

10 Alat Musik Tradisonal Bali Beserta Perkembangannya Lengkap

11 Alat Musik Tradisional Bali Tambah Pinter

Ragam Alat Musik Tradisional Bali Kaskus

Jenis Alat Musik Tradisional Di Bali Berikut Penjelasannya


0 komentar:

Posting Komentar